Cara Masak dan Resep Ayam Goreng Saus Mentega ala Maminus

Resep Ayam Goreng Saus Mentega selain mengandung protein yang tinggi juga merupakan bahan yang mudah diolah menjadi berbagai macam masakan. Tidak heran terdapat banyak sekali variasi masakan dengan bahan dasar ayam. Kali ini kami ingin memberikan resep ayam saus mentega yang cukup simple untuk diikuti. Dengan bahan dan bumbu yang dengan mudah bisa didapatkan di toko atau pasar.
Cara Masak dan Resep Ayam Goreng Saus Mentega ala Maminus
Resep Ayam Goreng Saus Mentega
Untuk memasak Resep Ayam Goreng Saus Mentega ini, anda bisa memilih ayam kampung yang berdaging padat atau ayam negeri yang berdaging empuk. Pilih ayam yang bersih dan gemuk.

Dan jangan lupa lumuri ayam dengan jeruk nipis sebelum dimasak. Selain untuk menghilangkan bau amis dapat juga membuat bumbu lebih mudah meresap ke daging ayam.

Masakan Ayam Saus Mentega juga memerlukan ayam dengan kualitas baik sebagai bahan utama. Kalau menginginkan masakan yang terasa segar, lezat dan nikmat, kami sarankan untuk memakai ayam fresh yang baru dipotong.

Untuk ayam frozen yang banyak tersedia di supermarket memang bisa dipakai dan tetap terasa enak dan lezat, tetapi kalau menginginkan hasil maksimal kami selalu menyarankan untuk memakai bahan-bahan baku yang fresh.

Selain bahan baku utama, beberapa bumbu dan bahan tambahan untuk membuat saus Menteganya juga memegang kunci yang penting dalam membuat Resep Ayam Goreng Saus Mentega. Pilihlah Mentega favorit keluarga anda.

Untuk Kecap manis yang digunakan, pilihlah kecap yang cukup kental dan memberikan aroma yang nikmat untuk bahan saus nya. Sebelum digunakan, jangan lupa untuk mencuci bersih semua bahan yang akan di pakai. Oke, sekarang kita mulai membuat masakan ini.

Olahan Resep Ayam Goreng Saus Mentega Spesial

Bahan Dasar Ayam Goreng Saus Mentega:
  • 1 Kg ekor ayam, potong menjadi 10 bagian.
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya.
  • 1 siung bawang putih, cacah halus.
  • 1 sdt garam.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • 1 buah bawang bombai, iris tipis.
  • 3 sdm mentega.
  • I sdm kecap inggris.
  • 1 sdt kecap asin.
  • ½ sdt gula pasir.
  • ½ sdt merica.
Cara Mengolah Resep Ayam Goreng Saus Mentega:

1. Cuci ayam hingga bersih, kemudian lumuri potongan ayam dengan air perasan jeruk nipis.

2. Tambahkan bawang putih dan garam. Aduk hingga rata, diamkan 10 menit.

3. Panaskan minyak dan goreng ayam hingga matang kecoklatan, angkat dan sisihkan.

4. Tumis bawang bombai dengan sedikit minyak sampai harum dan layu.

5. Tambahkan mentega, kecap inggris, kecap asin, gula, dan merica, aduk sampai rata.

6. Masukkan ayam yang sudah digoreng tadi, campur dengn saus, aduk rata dan matang hingga bumbu meresap.

7. Angkat ayam goreng saus mentega siap disajikan.

Nah, demikian Resep Ayam Goreng Saus Mentega, semoga tetap menghasilkan sajian yang banyak akan disukai oleh penggemar. jangan lupa untuk melihat resep unggulan kami lainnya Botok Telur Asin Khas Demak, Botok Udang Tahu Tempe Spesial, dan Cara Membuat Ceker Setan yang Enak. Selamat mencoba.