Cara Buat dan Resep Otak-otak Ikan Bandeng Spesial

Resep Otak-otak Ikan Bandeng - Dunia kuliner kita sedang ramai membicarakan sebuah masakan yang mulai mewabah di tengah masyarakat, yaitu masakan atau makanan khas otak-otak Ikan Bandeng. Sebagaimana anda ketahui, bahwa penghasil ikan bandeng kebanyakan adalah dari daerah pesisir utara, seperti Juwono Pati, Semarang, Kendal, Jepara dan daerah pesisir utara lainnya.
Cara Buat dan Resep Otak-otak Ikan Bandeng Spesial
Resep Otak-otak Ikan Bandeng
Namun makanan yang satu ini, sekarang telah berkembang pesat dihampir setiap wilayah seluruh nusantara. Rasanya yang enak, gurih dan lezat membuat makanan ini semakin digemari oleh masyarakat, bukan cuma masyarakat dalam negeri, tetapi juga sampai ke manca negara.

Makanan khas ini biasa dijadikan sebagai bahan oleh-oleh bagi sebagian orang yang sedang dalam bepergian ke luar kota atau sedang berkunjung ke daerah sentra penghasil bandeng. Nah, pada kesempatan kali ini kami menyajikan Resep Otak-otak Ikan Bandeng kepada anda semuanya.

Resep Otak-otak Ikan Bandeng dengan Mudah

Bahan Utama Otak-otak Ikan Bandeng:
  • Ikan bandeng 1 ekor (500 gram).
  • Telur ayam 2 butir, kocok.
  • Santan kental 100 ml.
  • Kelapa muda parut 8 sendok makan, disangrai lalu dihaluskan.
  • Daun pisang secukupnya.
Bumbu-bumbu Otak-otak Ikan Bandeng:
  • Bawang merah 7 butir
  • Bawang putih 3 siung.
  • Ketumbar 2 sendok teh.
  • Kemiri 4 butir, disangrai
  • Gula pasir 1 sendok makan.
  • Lengkuas 3 cm, diparut.
  • Garam 1 sendok makan.
Cara Mengolah Resep Otak-otak Ikan Bandeng:

1. Terlebih dahulu ikan bandeng dibersihkan sisiknya. Keluarkan isi perut ikan bandeng secara pelan-pelan dengan cara mematahkan sekat insangnya. Dicuci hingga bersih lalu tiriskan.

2. Setelah itu, pukul-pukul badan ikan bandeng tersebut menggunakan kayu supaya daging terlepas dari kulitnya.

3. Kemudian keluarkan duri ikan bandeng dengan cara menekuk tulang ekor kearah kepala,kemudian tarik durinya pelan-pelan.

4. Keluarkan daging ikan bandeng menggunakan sendok makan secara pelan. Sesudah itu, balikkan kulit ikan bandeng, lalu dibersihkan dan balikkan kembali seperti semula.

5. Daging dan tulang ikan dipisahkan dengan cara digerus menggunakan saringan santan.

6. Daging ikan bandeng dicampur dengan bumbu yang sudah dihaluskan serta santan, telur kocok, dan kelapa halus. Aduk sampai semua tercampur rata.

7. Masukkan adonan tersebut ke dalam kulit ikan sampai terisi penuh.

8. Ikat perut ikan bandeng dengan rapat. Lalu lumuri badan ikan dengan sisa adonan.

9. Bungkus ikan bandeng menggunakan daun pisang. Kemudian kukus selama 15 menit. Bisa juga setelah dikukus, otak-otak dibuka bungkusnya lalu dipanggang.

10. Otak-otak bandeng siap dihidangkan.

Bagaimana cukup mudah bukan Cara Resep Otak-otak Ikan Bandeng? Semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda semuanya. Jangan lewatkan juga Resep Makanan yang lainnya tentang " Ikan Kakap Manis Pedas, Garang Asem Ikan Bandeng, Mangut Lele Paling Enak". Selamat Mencoba.