Resep Rendang Jengkol Tanpa Bau dengan Mudah

Resep Rendang Jengkol Tanpa Bau - Apakah anda salah satu orang yang sangat suka dengan jengkol ? untuk anda yang tinggal diindonesia tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan jengkol salah satu kerabat pete ini bukan ? memiliki bau yang sangat menyengat membuat beberapa orang tidak menyukai jengkol. Namun untuk sebagian orang tidak mempermasalahkan bau jengkol karena rasa jengkol yang begitu nikmat.
Resep Rendang Jengkol Tanpa Bau dengan Mudah
Resep Rendang Jengkol Tanpa Bau
Dalam Menikmati jengkol sendiri memang banyak sekali caranya dari yang dimakan begitu saja sampai diolah menjadi berbagai masakan sepeti semur jengkol, sambel goreng jengkol, gulai jengkol, jengkol masak kecap, atau rendang jengkol seperti pada resep yang akan kami bagikan kali ini.

Jika anda mendengar rendang jengkol tentunya anda akan terbayang akan rasa yang pedas, empuk dan enak dari rendang jengkol bukan ? kali ini kami memang mengkreasikan rendang jengkol yang cukup pedas, karena dalam resep ini kami memakai cabai merah dalam bumbu rendang nya.

Anda harus lebih bersabar lagi dalam mengolah jengkol agar menghasilkan rendang jengkol yang enak , empuk dan yang paling penting tidak bau . Bau jengkol yang menyegat akan hilang jika anda bisa mengolah jengkol dengan benar dan tepat saat memasaknya.

Irisan daun jeruk bisa dicampurkan saat merebus jengkol terlebih dahulu sebelum dimasak dapat menghilangkan bau jengkol. Cara ini efektif menghilangkan aroma khas bau jengkol yang sangat menyengat.

cara lain untuk menghilangkan bau jengkol dengan merendam jengkol kedalam air kapur satu malam terlebih dahulu sebelum diolah, cara ini juga dapat menetralisir bau jengkol yang menyengat tanpa mengurangi kelezatan jengkol saat dimasak.

Buat anda pecinta kuliner tentunya anda juga tak mau ketinggalan kan dengan resep yang satu ini yang super lezat, buktinya banyak warung dimana-mana yang jual menu masakan yang satu ini. Oke sakarang kita akan bahas tentang.

Resep Rendang Jengkol Tanpa Bau Dirumah

Bahan-bahan Resep Rendang Jengkol Tanpa Bau:
  • Jengkol 1/2 kilo gram (direndam dengan air selama 1 malam dengan daun jeruk atau kapur).
  • Jahe 1 ruas jari (di memarkan).
  • Serai 1 batang (di memarkan).
  • Daun salam 2 lembar.
  • Air 1/4 liter.
  • Santan kental 1/2 liter (dari 1/2 butir kelapa).
  • Garam, gula dan penyedap rasa secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Bawang goreng (digunakan sebagai taburan).
Bumbu Halus Resep Rendang Jengkol Tanpa Bau:
  • 5 buah cabai merah.
  • 10 siung bawang merah.
  • 6 siung bawang putih.
  • 1 ruas jari kunyit (di bakar).
  • 4 buah kemiri (di sangrai).
Cara Membuat Resep Rendang Jengkol Tanpa Bau:

1. Jengkol yang sudah direndam semalaman direbus sampai 1/2 matang atau empuk, angkat lalu tiriskan.

2 .Kemudian memarkan jengkol satu persatu sampai agak pipih atau gepeng tapi hati-hati jangan sampai hancur (hal ini dilakukan agar bumbu dapat meresap ke dalam jengkol).

3. Selanjutnya tumis bumbu halus beserta daun salam, jahe dan serai sampai wangi dan matang.

4. Masukkan jengkol sambil terus diaduk ,masukkan air dan masak kembali sampai jengkol benar-benar empuk.

5. Masukan santan kelapa yang sudah anda siapkan tadi dengan perlahan dan sedikit demi sedikit, lalu aduk-aduk terus bertujuan agar santan tidak pecah.

6. Terakhir tambahkan garam, gula pasir dan penyedap rasa aduk sesekali dengan perlahan, lalu masak sampai bumbu meresap dan mengental sedap.

7. Angkat dan rendang jengkol yang enak, empuk dan tidak bau siap dihidangkan dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Bagaimana cukup mudah bukan Cara Mengolah Resep Rendang Jengkol Tanpa Bau? Semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda semuanya. Jangan lewatkan juga Resep Makanan yang lainnya tentang " Tahu Campur Enak, Bakso Malang Arema, Orem-orem Khas Malang". Selamat Mencoba.