Cara Buat dan Resep Kupang Lontong Paling Enak ala Resto

Resep Kupang Lontong Paling Enak - Mungkin dari anda sebagaian tidak tahu apa itu kupang? Kupang adalah hewan laut yang sejenis kerang dengan ukuran kecil antara sebesar biji kedelai dan biji beras. Lontong kupang adalah salah satu makanan khas asli daerah jawa timur, yaitu surabaya, sidoarjo, dan pasuruan. Seperti halnya namanya, makanan lontong kupang ini sudah jelas menggunakan bahan utama yaitu lontong dan kupang.
Cara Buat dan Resep Kupang Lontong Paling Enak ala
Resep Kupang Lontong
Pada daerah pesisir timur jawa timur, lontong kupang yang sangat terkenal adalah lontong kupang dari daerah keraton, kabupaten pasuruan jawa timur, yang juga dikenal dengan sebutan kupang keraton.

Bahkan sudah sejak lama mayoritas penduduk atau masyarakat di daerah keraton tersebut adalah nelayan pencari kerang kupang. Hasil kupang yang didapat biasanya diolah untuk diambil daging kupangnya dan dijual di pasar, ataupun juga diolah menjadi masakan kuliner berupa lontong kupang.

Kupang selain memiliki rasa yang sangat enak apabila di buat menjadi masakan, kupang juga merupakan sumber asam amino yang sangat baik yang diperlukan oleh tubuh. Untuk menambah kelezatan dan kenikmatannya lontong kupang biasanya disajikan dengan lento dan sate kerang sebagai bahan pelengkapnya.

Masyarakat mempercayai apabila memakan lontong kupang sambil meminum es degan, semua penyakit di dalam tubuh hilang, manusia yang memakan itu pun menjadi sehat. Lontong kupang biasa disajikan dengan sate kerang dan es degan. Mari simak dan langsung mempraktekkan Resep Kupang Lontong Paling Enak ini.

Resep Kupang Lontong Paling Enak dan Istimewa

Bahan-bahan Kupang Lontong yang Diperlukan:
  • 500 Gram kupang, dibersihkan.
  • Penyedap rasa secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Lontong, dipotong-potong.
  • Bawang merah goreng, secukupnya.
  • Bawang putih goreng secukupnya.
  • Petis udang secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Cabe rawit sesuai selera.
  • Garam secukupnya.
  • Jeruk nipis secukupnya.
Cara mengolah Resep Kupang Lontong Paling Enak:

1. Rebus kupang hingga matang atau masak.

2. Kemudian tambahkan penyedap rasa dan garam secukupnya.

3. Bila sudah matang, angkat dan sisihkan.

4. Haluskan cabe rawit, garam, bawang putih, petis dan gula pasir pada piring penyajian. Dalam menghaluskan bisa digerus atau diuleg dengan menggunakan sendok makan.

5. Tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis, lalu encerkan atau campurkan dengan menuang sedikit air rebusan kupang.

6. Masukkan lontong yang sudah dipotong-potong tadi, tambahkan juga kupang dan air rebusannya.
Taburi bawang goreng diatasnya. Beri sate kerang dan lento sebagai pelengkapnya.

7. Dan lontong kupang masakan khas daerah jatim sudah siap untuk dihidangkan.

Kupang juga memiliki sumber asam amino esensial yang baik. Kupang putih maupun kupang merah memiliki 17 asam amino, kandungan Zat besi diperlukan dalam tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah, sedangkan Zinc merupakan komponen penting beberapa enzim untuk metabolisme dalam tubuh. Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia.

Nah mudah bukan mengolah Resep Kupang Lontong Paling Enak?? semoga cocok dilidah dan sesuai dengan seleran anda. Jangan lupa intip juga resep andalan kami lainnya Lontong Balap Paling Enak, dan Semur Daging Sapi Spesial. Selamat mencoba.