Resep BIR Pletok Asli Betawi Enak dan Menyehatkan

Bir Pletok Jakarta - Asiknya kalau kita berkumpul bersama dengan orang-orang terdekat tentu tidak lengkap kalau tanpa ditemani minuman Bir pletok asli Betawi. Biasanya untuk menemani waktu berkumpul dengan keluarga atau teman, kita ditemani dengan kopi atau teh. Namun selain minuman mainstream tersebut ada minuman menyegarkan lainnya, namanya bir pletok khas orang Betawi punya.
Resep BIR Pletok Asli Betawi Enak dan Menyehatkan
Resep BIR Pletok Asli Betawi
Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia minuman bernama bir, adalah minuman yang harus dijauhi. Alasan utama adalah menenggak bir dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Kehilangan kesadaran atau mabuk bisa menjadi awal menuju perilaku tercela. Tapi taukah kamu bahwa tidak selamanya meminum bir itu selalu berdampak buruk. Tidak semua bir itu memiliki kodrat memabukan.

Bir yang dimaksud adalah bir pletok. Bir yang satu ini baik untuk kesehatan dan tidak membuat mabuk, karena bir yang akan dibagikan kali ini sama sekali tidak mengandung alkohol seperti bir pada umumnya.

Bir Pletok dibuat dengan bahan dasar rempah-rempah khas Indonesia dengan campuran jahe, daun pandan wangi serta serai atau sere. Bir pletok ini dikenal secara umum dikalangan orang-orang Betawi.

Untuk menarik penggemar bir yang satu ini biasanya dicampur dengan tambahan kayu secang, tambahan ini akan membuat warna bir menjadi merah ketika di seduh dengan air panas. Bir pletok ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca dingin atau pada malam hari karena bir pletok adalah minuman tradisional yang berfungsi sebagai penghangat badan.

Selain itu bir pletok juga memiliki manfaat kesehatan yang lain. Salah satu dari sekian banyak khasiatnya adalah sebagai pelancar peredaran darah.

Minuman Tradisional Bir Pletok Betawi

Minuman ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Pendinginan minuman ini dilakukan dengan menuangnya ke dalam seruas bambu, di isi dengan beberapa bongkah es batu, ditutup mulut bambu yang terbuka, dan kemudian diguncang-guncang, sehingga menimbulkan bunyi pletok-pletok. Karena minumannya kemudian berbuih/berbusa mirip bir, maka orang Betawi menyebutnya sebagai bir pletok.

Yang menarik dari sejarah terciptanya bir pletok adalah berawal dari rasa iri masyarakat Betawi kepada orang Belanda. Kebiasaan berpesta orang-orang Belanda dengan ditemani wine membuat orang Betawi ingin sekali mencoba minum wine juga.

Namun keinginan tersebut urung dilakukan karena masyarakat Betawi terkenal sangat religius. Mereka tau bahwa wine itu minuman keras yang dilarang agama. Lantas muncullah budaya tandingan agar hasrat meminum wine terpenuhi. Mereka menciptakan minuman mirip wine namun dengan komposisi jauh berbeda.

Biasanya masyarakat Betawi menyajikan bir pletok saat ada acara-acara penting seperti penikahan atau khitanan. Kendati demikian bir pletok juga bisa dijumpai di kedai-kedai atau toko-toko yang bernuansa Betawi.

Untuk masalah penyajian, bir pletok sangat cocok disajikan dalam keadaan hangat. Namun disajikan dalam keadaan dingin juga tak kalah nikmatnya dan segar. berikut Resep Cara Membuat Bir Pletok

Bir Pletok Asli Betawi Hangat dan Segar

Bahan-Bahan BIR Pletok Asli Betawi:
  • 1500 cc air
  • 4 Lembar daun pandan, dibuat simpul.
  • 250 Gram jahe diiris tipis.
  • 5 Batang serai.
  • 10 Butir cengkih.
  • 3 Cm kayu manis.
  • pala secukupnya.
  • Kayu secang secukupnya, bila tersedia.
  • 5 Lembar daun jeruk, dibuang tulang daun.
  • 250 Gram gula pasir.
  • Es batu di pecahkan dengan ukuran sesuai selera.
Cara Membuat BIR Pletok Asli Betawi:
1. Taruh air dalam panci bersama daun pandan, jahe, serai, cengkih,kayu manis, pala, kayu secang, daun jeruk dan gula pasar.

2. Masak hingga mendidih.

3. Tutup panci, kecilkan apinya hingga tercium aroma rempah.

4. Setelah 30 menit, angkat dan siap disajkan.

Nah mudah bukan mengolah resep BIR Pletok Asli Betawi? jangan lupa intip juga resep Es Cendol Hijau. Semoga resep yang kami sajikan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Selamat Mencoba.